Hal yang Harus Dilakukan Ketika Melakukan Kesalahan Kerja

Saat bekerja kita pasti pernah melakukan kesalahan. Melakukan kesalahan merupakan hal yang wajar dan lumrah. Dari kesalahan-kesalahanlah kita belajar hal-hal baru yang dapat menjadi pelajaran kedepannya.

Kesalahan yang pernah kita lakukan dimasa lalu menjadi bagian dari proses pengembangan diri. Saat kita berbuat salah, kita harus langsung memperbaiki. Mencari cara agar kesalahan tersebut tidak terulang kembali. Ini bertujuan agar kita tidak sering mendapat teguran dari atasan maupun rekan kerja lain. Selain itu, agar tidak menjadi beban pikiran kita sendiri.

Agar kesalahan-kesalahan yang pernah kita lakukan tidak berlulang lagi, kita harus tahu bagaimana cara mengatasinya dengan cara-cara berikut ini:

1. Mengakui kesalahan

Memang tidak mudah mengakui kesalahan. Namun kita harus tetap jujur atas kesalahan yang kita perbuat baik kepada atasan maupun rekan kerja. Tujuannya agar kita tidak kehilangan kepercayaan dari orang lain. Usahakan untuk tidak menutupi kesalahan kepada siapapun yang berdampak atas kesalahan kita. Apalagi bila kesalahan tersebut berdampak besar dan dapat menghambat pekerjaan. Namun, jika kesalahan tersebut kecil dan tidak berdampak pada pekerjaan maupun orang lain, kita tetap harus memperbaikinya.

2. Mencari tahu letak kesalahan dan cara mencegahnya

Kita harus dapat mencari tahu sumber kesalahan dan mencari solusi untuk memperbaiki situasi. Cari tahu dan catat apa saja hal yang bisa membuat kita terlibat dalam masalahan tersebut. Lalu sebisa mungkin hindari hal tersebut agar tidak terulang. Jika kita terus mengulangi kesalahan yang sama dan terus-menerus, hal tersebut bisa berpengaruh negatif terhadap penilaian performa kerja.

3. Tidak melibatkan dan menyalahkan orang lain

Saat melakukan kesalahan sebaiknya tidak melibatkan atau menyalahkan orang lain. Sekalipun bekerja dalam tim dan ada andil dari anggota tim lain dalam kesalahan tersebut, sebaiknya tidak melibatkan apalagi jika tim tersebut merupakan tanggungjawab kita. Jika sampai menyalahkan orang lain, ini akan memperburuk keadaan dan atasan pun akan menganggap kita sebagai orang yang tidak profesional dan tidak bertanggungjawab.

Jelaskan duduk permasalahan yang terjadi secara netral dan apa adanya dengan tidak menyalahkan atau melibatkan orang lain ataupun mencari-cari alasan yang terkesan membela diri.

4. Mencari solusi

Setelah kita mengakui dan meminta maaf atas kesalahan yang diperbuat, kita juga harus segera membawa solusi untuk memperbaiki kesalahan yang ada. Termasuk mencegah agar masalah tersebut tidak terulang kembali. Semakin cepat menemukan solusi, tentu semakin besar pula masalah bisa segera diselesaikanan.

5. Berubah menjadi pribadi yang lebih baik

Setelah kita mengakui kesalahan, hal selanjutnya yang perlu dilakukan adalah melakukan pembenahan diri. Mulai dari melakukan manjamen ulang pekerjaan atau perbaikan perilaku diri. Kita juga dapat menggali kemampuan teknis dan kemampuan lain yang berpotensi mendukung pekerjaan. Selalu biasakan diri untuk teliti dalam setiap tugas untuk menghindari dan tidak mengulangi kesalahan yang sama.

Itulah beberapa hal yang bisa diterapkan jika melakukan kesalahan saat bekerja. Yang terpenting adalah tidak mengulangi kesalahan yang sama dan langsung memperbaikinya. Jadikan kesalahan sebagai pelajaran yang berharga untuk kedepannya. Anggap kesalahan yang pernah diperbuat sebagai bagian dari proses pembelajaran dan pengembangan diri.

Posted in Blog.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *